MENGENAL KOMPONEN
dan BAGIAN-BAGIAN KELISTRIKAN OUTDOOR AC SPLIT
No
|
Jenis bagian komponen
|
Keterangan
|
1.
|
Kapasitor AC
|
Pada AC Split unit outdoor kapasitor berfungsi sebagai penyimpanan muatan listrik sementara. Dikatakan sementara, kapasitor akan melepaskan semua muatan listrik yang terkandung secara tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat. Besarnya muatan yang bisa ditampung tergantung dari kapasitas kapasitor. Satuan dari kapasitas kapasitor adalah Farad (F). Kapasitor pada AC Split outdoor difungsikan sebagai penggerak kompresor pertama kali atau starting kapasitor. Dengan bantuan starting kapasitor, hanya dibutuhkan waktu sepersekian detik atau sangat singkat untuk membuat motor kompresor berputar pada kecepatan penuh, sehingga menurunkan arus starting pada kompressor. Lama atau singkatnya waktu yang dibutuhkan tergantung dari jumlah muatan listrik yang tersimpan pada kapasitor. Setelah motor kompresor mencapai putaran penuh, secara otomatis hubungan listrik pada kapasitor akan dilepas, dan digantikan dengan hubungan langsung dari PLN. Kapasitor akan mengisi kembali muatan dan akan digunakan kembali sewaktu-waktu pada saat menyalakn kompresor lagi. Pada unit AC Split outdoor terdapat dua starting kapasitor, yaitu sebagai penggerak kompresor dan motor kipas (fan) kondensor, pada kompresor AC bertenaga 0.5 – 2 PK memiliki start kapasitor berukuran 15-50 nF. Pada motor kipas (fan) memiliki start kapasitor berukuran 1-4 nF. |
2.
|
Motor Fan Condensor AC
|
Motor fan pada unit AC Split Outdoor berfungsi untuk
menggerakan kipas kondensor (outdoor). Bentuk dan ukuran motor fan outdoor
berbeda-beda tergantung besar kapasitas AC Split. Untuk membantu
memaksimalkan putaran, dibutuhkan start kapasitor yang berfungsi menggerakan
motor fan kondensor pertama kali sampai mencapai putaran penuh. Selanjutnya,
fungsi start capasitor akan digantikan oleh arus listrik PLN untuk memutar
motor fan tersebut.
|
3.
|
Motor Compressor AC
|
Motor Compressor pada AC Split berfungsi menggerakan
mesin Compressor. Ketika Motor listrik bekerja, kompresor akan mengkompresi
bahan pendingin dan mensirkulasikan menuju ke seluruh bagian sistem
pendingin. Umumnya, motor kompresor dikemas menjadi satu unit dengan
kompresornya. Serupa dengan motor fan, untuk start awal motor kompresor
menggunakan bantuan starting kapasitor.
|
4.
|
Overload Protector AC
|
Overload Motor Protector (OMP) pada AC Split
berfungsi sebagai pengaman motor listrik kompresor (biasanya terdapat pada
jenis kompresor hermetik). Kerja OMP dikendalikan oleh sensor panas yang
terbuat dari campuran bahan logam dan bukan logam (bimetal). Batang bimetal
inilah yang membuka dan menutup arus listrik secara otomatis ke motor
listrik. Ketika bimetal dilewati arus listrik tinggi secara terus menerus atau
kondisi kompresor yang terlalu panas, bimetal akan membuka sehingga arus
listrik menuju kompresor akan putus. Begitu juga sebaliknya. Ketika suhu
kompresor turun, bimetal akan menutup, arus listik akan mengalir menuju
kompresor sehingga kompresor akan kembali bekerja.
Penempatan Overload Motor Protector (OMP) pada kompresor hermetik ada dua macam, yaitu external OMP (diletakan di luar body kompresor) dan internal OMP (diletakan di dalam kompresor). Biasanya, External OMP digunakan untuk mesin compresor AC yang tidak terlalu besar (0,5-l PK), sedangkan internal OMP banyak terdapat pada mesin kompresor AC yang besar( 1,5-2 PK). |
5.
|
Kontaktor AC
|
Kontaktor pada AC Split berfungsi untuk
menghubungkan Motor Compressor dengan sumber listrik (Saklar Elektrik). Kerja
kontaktor dikendalikan oleh modul control elektronik pada bagian indoor
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar