Senin, 17 Maret 2014

Tips merawat AC rumah

Tips Merawat AC Rumah Agar Awet
 Penyejuk udara atau AC sudah menjadi kebutuhan kita, hampir bisa dipastikan hampir di setiap tempat dan waktu AC. Namun sudah seharusnya dengan jangka waktu pemakaian AC  tersebut AC memerlukan perawatan. Meskipun AC dilengkapi dengan teknologi canggih dan di beli dengan harga mahal, AC tersebut tetap membutuhkan perawatan. Perawatan rutin akan menjadikan AC selalu berada pada kondisi yang prima. Berikut tips trik untuk merawat AC rumah anda.


Matikan AC ketika tidak digunakan
Sering kali kita mengabaikan hal ini, ketika hendak meninggalkan ruangan dalam waktu yang lama kita membiarkan AC dalam keadaan menyala. Kebiasaan seperti ini akan membuat tagihan listrik membengkak selain itu juga AC akan cepat rusak karena selalu bekerja tanpa istirahat. Paling tidak jika harus terus menerus menggunakan AC usahakan matikan AC selama 2 jam kemudian buka pintu dan jendela agar sirkulasi udara ruangan berjalan lancar. Karena biar telah menggunakan AC namun pertukaran udara juga diperlukan.
Perhatikan kebersihan AC
Karena sering digunakan dapat membuat saringan udara (filter) pada AC menjadi kotor. Kotoran yang bersarang pada saringan akan membuat sirkulasi udara menjadi terhambat dan menjadi sumber penyakit karena disitulah bakteri, kuman, dan jamur bersarang. Penyaring udara yang kotor juga akan menghambat proses sirkulasi sehingga kinerja sistem pendinginan tidak sempurna.
Bakteri dan kuman menempel pada saringan udara inilah yang nantinya akan kembali mengalir ke bagian evaporator coil (gulungan penguap) dan akhirnya menyebar kembali ke seluruh ruangan. Dan akibatnya kesehatan kita dapat terganggu. Gangguan kesehatan yang pada umumnya terjadi adalah gangguan infeksi dan gangguan sekitar penapasan. Untuk itu sebaiknya periksa dan bersihkan saringan udara AC minimal satu bulan sekali.
Perhatikan dalam penggunaan
JIka ada anggota keluarga yang sedang terserang penyakit seperti flu dan batuk sebaiknya tidak menyalakan AC karena penyebaran virus akan lebih mudah terjadi di ruangan ber-AC. Demikian pula dengan kegiatan bersih-bersih atau merokok, sebaiknya tidak perlu menyalakan AC ruangan. Ini karena udara dalam ruangan hanya diproses oleh kompresor AC dan tidak ada perputaran udara dari luar. Dengan kata lain kita akan tetap menghirup udara yang telah bercampur virus dan bakteri secara terus menerus.
Periksa kondensor AC
Periksalah komponen outdoor AC apakah dalam kondisi baik atau tidak. Pastikan komponen tersebut terbebas dari debu dan kotoran. Jika kondisinya kotor sebaiknya segera di bersihkan, caranya dengan terlebih dahulu matikan AC kemudian bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner.  Anda  juga dapat menggunakan air mengalir dengan cara menyemprotkannya ke kipas kondensor untuk merontokkan kotoran yang menempel.
Langkah-langkah diatas merupakan perawatan umum yang bisa Anda lakukan. Namun demikian sebaiknya Anda juga melakukan perawatan AC dengan menggunakan jasa servis AC. Karena terkadang kita tidak mengetahui secara detail kondisi AC yang sebenarnya dan membutuhkan tenaga ahli untuk menanganinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar